Yuk Berburu Batik Di Bekasi Expo 2017

By | March 13, 2017

Bekasi, KOMPAS.com – Bekasi Expo 2017 yg berlangsung 11-19 Maret menghadirkan berbagai produk dari kerajinan, suvenir, busana, kuliner dan pelayanan masyarakat.

Masyarakat Bekasi mendatangi acara ini cukup banyak yg tertarik dengan busana dan kerajinan batik Bekasi dengan berbagai jenis kreasinya.

Dewi, salah sesuatu penjaga stan mengaku dalam sesuatu hari saja bisa menjual sekitar 10-20 batik, selain berbagai suvenir batik lainnya.

“Lumayan banyak peminatnya. Mereka banyak yg membeli kain batik. Ini batik Bekasi asli,” kata Dewi, di Bekasi, Sabtu (11/3/2016).

(BACA: Batik Bekasi di Antara Kekuatan Kearifan Lokal)

Dewi menjelaskan bahwa kain batik di stannya dijual relatif murah dari harga Rp 125.000 hingga Rp 2.500.000.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Suvenir di stan Batik Bekasi di Bekasi Expo 2017, Sabtu (11/3/2017). Bekasi Expo berlangsung 11-19 Maret 2017.

Harga termurah adalah macam batik cap, dan bagi harga termahal macam batik lukis yg dilakukan secara tradisional dan membutuhkan waktu antara sesuatu pekan bahkan sesuatu tahun.

“Kalau batik lukis kan waktunya lama, paling cepat sekitar sesuatu minggu, bahkan ada yg dilakukan sesuatu tahun. Tergantung bahannya ada gak? Bahannya kan pilihan,” kata Dewi.

Batik Bekasi memang berbeda dengan batik daerah yang lain yg memiliki pakem sendiri.

Pakem batik Bekasi kelihatan pada motifnya merupakan ada pakem Penari, Kecapi, Golok, Tugu, Lele, Enceng Gondok, Bambu, Rumah Adat, Durian, dan Gabus.

Farida, warga Bekasi yg gemar menggunakan pakaian batik, ketika ditemui di Bekasi Expo 2017 mengaku senang dengan acara ini karena mampu membeli aneka baju dan kain batik.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Stan Batik Bekasi di Bekasi Expo 2017, Sabtu (11/3/2017). Bekasi Expo berlangsung 11-19 Maret 2017.

“Saya kan suka batik, segera tiba ke acara ini, mumpung libur. Yah, tetap sih beli walaupun telah banyak milik baju batik. Harganya juga tidak kalah murah kok,” kata Farida.

Beberapa stan batik tak cuma menjual kain atau busana saja, tetapi juga berbagai suvenir dan kerajinan dengan motif batik seperti lampu, mangkuk, gelang, tatakan gelas dan lainnya.

Bahkan di stan batik, pengunjung mampu melihat segera bagaimana cara membatik.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *