Toyota Dari Indonesia Untuk Pasar Global (Video)

By | March 11, 2017

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Indonesia telah menjadi bagian dari perkembangan otomotif dunia sejak 30 tahun silam. Cerita dimulai pada 1987 saat Kijang Super atau Kijang Generasi ke-3 menjadi unit perdana bagi pasar mancanegara.

Kegiatan ekspor selalu meningkat sejak dimulainya proyek Innovative International Multi-Purspose Vehicle (IMV) pada 2014. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengirimkan Kijang Innova, disusul Fortuner dalam jumlah signifikan ke dua negara Asia-Pasifik serta Timur Tengah.

Sembilan model telah menyebar ke lebih dari 80 negara di dunia. Selain Innova dan Fortuner, TMMIN juga mengekspor Avanza, Rush, Town Ace dan Lite Ace, Vios, Yaris, serta Agya. Bahkan kini model baru, Sienta, juga melakukan debut ekspor pada 2016 dahulu di pasar Asia.

Proses
Keluar daripabrikTMMIN di Karawang, Jawa Barat, mobil-mobil bagi komoditi ekspor ”digendong” menuju pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, bagi dikapalkan melalui IPC Car Terminal, PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT).

Terminal seluas 23 hektar ini dioperasikan penuh oleh IKT, perusahaan yg bernaung di bawah PT Pelindo II. Ketika KompasOtomotif berkunjung, (8/3/2017), sedang ada proses pengalapan 700-800 unit mobil yg terdiri dari Avanza, Fortuner, Agya, Innova, Vios, dan Sienta.

Kini, telah lebih dari 1 juta unit Toyota dari Indonesia tersebar di berbagai negara. Tahun ini, TMMIN menaikkan target pengiriman mobil ke luar negeri sebesar 10 persen menjadi sekitar 185.000-an unit.

Simak proses pengiriman mobil Toyota dari Tanjung Priuk menuju kapal pengiriman yg mampu KompasOtomotif dan Otomania.com abadikan:

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *