Tertarik Menjadi Pramugari Garuda Indonesia? Ini Syaratnya…

By | March 12, 2017

JAKARTA, KOMPAS.com – Mungkin, pramugari adalah salah sesuatu pekerjaan idaman untuk para wanita. Apalagi seandainya Anda bekerja di maskapai nasional, merupakan Garuda Indonesia.

Banyak keuntungan yg dapat didapatkan dengan menjadi pramugari. Salah satunya adalah Anda dapat ikut dalam penerbangan dan jalan-jalan gratis, meskipun di sela-sela bekerja.

Namun menjadi pramugari Garuda Indonesia rupanya tidak mudah. Apa saja yg harus ditempuh bagi menjadi pramugari Garuda Indonesia?

BACA: Cerita di Balik Tata Rambut Pramugari Garuda Indonesia

Flight Services Manager Garuda Indonesia, Ellys menyampaikan bahwa syarat penting bagi menjadi pramugari Garuda Indonesia adalah pribadi yg mengutamakan pelayanan.

“Kami cari yg berpenampilan dan memiliki perilaku yg menarik. Servis juga diutamakan. Ini suatu hal yg khusus dimiliki dalam penerbangan, merupakan harus melayani,” kata Ellys ketika berbincang dengan KompasTravel di sela-sela penyelenggaraan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Jendela pesawat Garuda Indonesia.

Aspek fisik tentu yaitu salah sesuatu hal yg paling diutamakan. Berapa minimal tinggi badan dan berat badan bagi menjadi pramugari Garuda Indonesia?

“Untuk tinggi badan 158 cm, berat badan itu proposional. Untuk tinggi maksimal 172 cm. Umur minimal 18 maksimal 27 tahun,” tambah Ellys.

BACA: Ingin Jadi Pramugari Maskapai Asing? Simak Penuturan Ajeng dan Jeany

Sementara itu, sebelum bersiap melayani penumpang di pesawat Garuda Indonesia, calon pramugari harus lulus dua materi pendidikan. Flight Service Manager Garuda Indonesia lainnya, Hastari Agustien menyampaikan bahwa pramugari mulai diberikan pendidikan dari sisi service, safety, dan security.

 
“Untuk safety ini wajib lulus. Karena ada ketentuan-ketentuan, ini yg harus kami penuhi,” tambah Hastari.
 
KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Tempat Simulasi Pendaratan di atas Air di Gedung Garuda Indonesia Training Center (GITC) Duri Kosambi, Jakarta

Salah sesuatu pelatihan bagi calon pramugari Garuda Indonesia adalah Social Grace. Social Grace sendiri meliputi pelatihan terkait perawatan kecantikan, komunikasi, juga table manner.

 
“Dalam pekerjaan kalian (pramugari) tentang bagaimana membawa penumpang dari sesuatu titik ke titik berikutnya dengan aman dan selamat. Dalam pelayanan itu kalian berikan servis, itu yg kemudian kita berikan dengan pelatihan pelayanan daily training, social grace class, food and beverage, rules and regulation,” tambahnya.
 
BACA: Mengintip Ruang Tidur Rahasia Pramugari di Pesawat
 
Sementara bagi sisi safety, pramugari mulai diajarkan tentang bagaimana menangani kondisi darurat baik di darat maupun laut. Keadaan darurat tersebut biasanya disesuaikan dengan keadaan aslinya.
 
Ground training itu harus lulus. Dia (calon pramugari) harus bisa dan lulus dan juga harus bisa mempraktekkan,” jelasnya.
 
KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Simulator Pesawat Garuda Indonesia di Garuda Indonesia Training Center (GITC) Duri Kosambi, Jakarta

Ellys menyebutkan, masa pelatihan pramugari Garuda Indonesia berkisar sesuatu bulan lamanya. Calon pramugari, lanjutnya, mulai melewati beberapa kali simulasi terbang yg didampingi oleh mentor.

 
BACA: 8 Maskapai dengan Seragam Pramugari Paling Stylish
 
“Satu kali itu harus cek. Selanjutnya ada penilaian kompetensi apa lulus atau tidak. Kompeten atau tidak. Itu dari aspek service, safety, dan security harus masuk dari kompetensi yg dibutuhkan,” tambah Ellys.
 
Kemampuan bahasa Inggris sendiri telah termasuk pada tahap seleksi awal. Penambahan kemampuan bahasa seperti bahasa Mandarin, Belanda, Arab, dan Jepang khusus diberikan buat koki dan announcer di dalam kabin. Tertarik menjadi pramugari Garuda Indonesia?

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *