Selamat Jalan Sang Legenda Balap John Surtees

By | March 11, 2017

London, KompasOtomotif – Kabar duka tiba dari dunia motorsport, di mana pebalap legendaris berdarah Inggris, John Surtees, meninggal di usianya yg ke-83, Jumat (10/3/2017). Surtees yaitu satu-satunya orang yg berhasil meraih gelar juara dunia di Formula 1 dan balap motor.

Mengutip Crash.net, Jumat (10/3/2017) di ajang balap roda dua, dirinya berhasil menorehkan nama di podium tertinggi kelas 500cc (sekarang bernama MotoGP), pada 1956, 1958, 1959 dan 1960, sebelum akan memamerkan bakat lainnya bagi memacu jet darat roda empat.

Tidak perlu memakan waktu lama, buat membuktikan kemampuannya, di mana pada 1964, Surtees berhasil menduduki takhta juara dunia Formula 1 di tim Ferrari. Setelah itu, dirinya selalu menjadi pebalap F1 buat tim Honda dan BRM, hingga akhirnya pensiun di 1972.

“John, dirawat di Rumah Sakit St Georges, London pada Februari, dengan keadaan pernapasan yg menghawatirkan. Dirawat dalam waktu yg singkat dengan perawatan intensif, Surtees akhirnya mengebuskan napasnya yg terakhir sore ini. Jane (istri) dan Leonora dan Edwina (putrinya) berada di sisinya,” ujar juru bicara keluarga.

“Dia juga salah sesuatu yg hebat dan sejati di motorsport, serta selalu bekerja tanpa lelah sampai pada baru-baru ini, menggarap projek antara The Henry Surtees Foundation dan Buckmore Park Kart Circuit,” tutur pihak keluarga.

Surtees memenangkan 38 balapan di kejuaraan dunia balap motor, sebelum meraih enam kemenangan di F1, sepanjang karir balapnya selama 20 tahun. Dirinya juga membangun Henry Surtees Foundation buat putranya yg meninggal tragis, saat berkompetisi di FIA Formula 2 Championship pada 2009. Yayasan ini menolong orang-orang dengan luka kecelakaan dan menolong anak muda bagi mengembangkan kemampuan mereka.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *