“Sayonara” Mazda VX-1, Si Kembaran Ertiga

By | March 15, 2017

Jakarta, KompasOtomotif – Tahun ini, mampu menjadi akhir hidup Mazda VX-1 di Indonesia. Pemegang merek yg baru, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) ogah meneruskan jualan model yg yaitu rebadge dari Suzuki Ertiga itu.

Kalau menurut Bonar Pakpahan, Product Planning Expert, usai peresmian EMI sebagai distributor baru Mazda di Indonesia, (14/3/2017), menegaskan bahwa VX-1 telah tidak lagi ada dalam line up. ”Manajemen baru menetapkan tak melanjutkan lagi,” kata Bonar.

Artinya, siklus hidup model ini memang telah berakhir sejak tahun lalu. Tak salah juga EMI melempar VX-1 keluar dari line up, mengingat performa penjualan yg tak sekencang model lain, bahkan kalah jauh ketimbang Ertiga itu sendiri.

”Iya benar, mungkin dari sisi penjualan (VX-1 dicoret dari daftar line up), volumenya. Jadi manajemen baru menetapkan bagi tak melanjutannya. Tapi aftersales kita berkomitmen buat jalan terus,” ujar Ricky Thio, Sales, Marketing & Public Relation Director EMI.

Kalau dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun lalu, VX-1 memang melempem. Model ini hanya 27 unit terjual yg dalam setahun. Angka itu bahkan jauh lebih kecil ketimbang pikap BT-50 yg masih lau 136 unit.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *