Pameran Perdana Mobil Perdesaan Bergulir Di Bali

By | March 9, 2017


Denpasar, KompasOtomotif
– Institut Otomotif Indonesia (IOI) resmi menggelar Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor di Bali Creative Industry Center (BCIC) Denpasar, Kamis (9/3/2017).

Wadah kreativitas pelaku industri, komunitas, masyarakat, dan perguruan tinggi yg digelar sejak 7 – 12 Maret 2017 ini diresmikan oleh Dirjen ILMATE Kementrian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan, Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Presiden IOI I Made Dana Tangkas, dan dua jajaran pejabat pemerintahan.

“Perkembangan industri ketika ini mengalami kemajuan yg cukup positif. Melalui pameran ini, para pelaku industri kreatif mobil dan motor, terutama yg bergerak di bidang komponen dan industri kreatif mampu menampilkan karya-karya unggulan mereka, termasuk para komunitas pencinta otomotif,” kata I Made Dana Tangkas dalam sambutannya.

Kendaraan perdesaan

I Gusti Putu Suryawirawan dalam kesempatan yg sama mengatakan bahwa kreativitas dan fungsi kendaraan amat penting. “Mobil perdesaan atau bahasa kerennya village mobility tak cuma produk biasa, namun memilik funggsi yg benar-benar bermanfaat,” ujar Putu.

Fungsi dimaksud adalah yg dibutuhkan masyarakat perdesaan. Terutama buat memindahkan hasil bumi ke penyalur atau pasar. Kendaraan angkut diharapkan mampu disesuaikan dengan kebutuhan oleh desa tersebut

Aris FH/KompasOtomotif Penandatangan nota kesepahaman oleh IOI, pemerintah, pelaku industri, dan dunia pendidikan terkait proyek mobil perdesaan.

Industri keci

Potensi pelaku industri kreatif di bidang otomotif di Indonesia cukup besar. Terlihat dari beragam kemajuan di bidang modifikasi dan aksesori. Pelakunya adalah industri kecil menengah (IKM) yg berpeluang bagi menjadi pemasok komponen, maupun kelengkapan mobil atau motor lainnya.

Selain menampilkan berbagai produk kreatif, pada pameran  ini juga mulai diselenggarakan seminar, focus discussion group (FDG), sertifikasi dan business matching, serta lomba desain kendaraan pedesaan.

Pada lomba desain kendaraan perdesaan, selain buat mendorong kreativitas juga menemukan gagasan masyarakat mengenai model kendaraan perdesaan. Hal tersebut nantinya mulai menjadi masukan yg berharga untuk Kementerian Perindustrian.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *