Moto2 Gunakan ECU Baru Mulai 2019

By | March 7, 2017

Barcelona, KompasOtomotif – Kejuaraan balap dunia kasta kedua, Moto2, kabarnya bakal beralih dari mesin Honda ke merek Triumph, saat kontrak berakhir pada akhir 2018, atau dimulai musim 2019.

Ajang Moto2 yaitu kejuaraan bermesin tunggal, dengan memakai jeroan punya CBR600, sejak beralih dari kelas 250cc beberapa tidak pada 2010. Namun, saat rumors tersebut belum dikonfirmasi pihak Dorna, kabar baru tiba terkait komponen electronic control unit (ECU) tunggal, resmi diambil alih oleh Magneti Marelli, yg memasok dan mengembangkan ECU tunggal buat MotoGP.

“Ya, itu telah secara resmi mengumumkan, bahwa pada 2019 nanti Magneti Marelli memiliki kontrak bagi memasok ECU. Pada ketika ini, Moto2 pada dasarnya memakai standar Honda ECU dan data logger dipasok oleh 2D,” ujar Danny Aldridge, Direktur Teknik, mengutip Crash.net, Selasa (7/3/2017).

Namun, terkait dengan karakteristiknya, Aldridge mengatakan, kalau ketika ini masih dipelajari. Mereka tak ingin ada gap terlalu jauh antara Moto2 dan MotoGP.

“Kami masih mendefinisikan karakteristik tertentu yg kita inginkan. Kami menyadari sistem elektronik Moto2 ke MotoGP perlu lompatan besar. Bahkan pada dua aspek, Moto3 lebih maju dari Moto2 pada ketika ini, jadi kalian coba buat mengatur ulang itu,” ujar Aldridge.

Aldridge menambahkan, pihaknya juga tak ingin membuat Moto2 jauh berbeda seperti yg ada sekarang. Lalu yg ingin dikerjakan merupakan memberikan lingkungan bernuansa MotoGP lebih dini, bagi pengendara, tim dan sistem di Moto2, terutama pada sistem elektronik, jadi tak kaget ketiga pebalap Moto2 naik kelas. 

“Yang pasti ketika ini kita masih melanjutkan kerjasama dengan Honda buat ECU hingga akhir 2018. Baru kemudian pada 2019 kalian mulai memulainya dengan Magneti Marelli, dan salah sesuatu pemasok mesin resmi, yg masih belum diketahui siapa,” ujar Aldridge.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *