Meluncur, Honda Civic Type R Langsung ”Hot”

By | March 8, 2017

Jenewa, KompasOtomotif – Salah sesuatu jagoan Jepang yg paling ditunggu di antara deretan mobil-mobil Eropa di Geneva Motor Show 2017 adalah Honda Civic Type R. Hot hatch itu segera jadi pusat perhatian ketika dilansir di lantai salah sesuatu pameran terbesar Benua Biru, (7/3/2017).

Antusiasme itu makin tinggi, mengingat model sebelumnya yg meluncur beberapa tahun dulu cuma berusia pendek, karena hanya berperan sebagai ”pemain sementara”.

Civic Type R baru ini dibekali mesin 2.000 cc turbo, sama dengan generasi kesepuluh Civic standar. Tapi Honda menyetel ulang hingga tenaganya membuncah sampai 316 tk dengan torsi puncak hampir 400 Nm atau tepatnya 399,9 Nm!

carscoops Buritan makin gahar dengan tiga lubang knalpot di tengah.

Buangan tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-percepatan. Ada mode pengendaraan baru buat menyesuaikan predam kejut, kekakuan setir, feeling memindah gigi, sampai respons atau tarikan gas. Kalau mau santai, ada setelan Comfort. Ingin ngebut, manfaatkan mode Sport or +R.

Tentu saja, banyak bekal yang lain yg diembannya di berbagai area, termasuk peningkatan rigiditas sampai 38 persen. Suspensi di-retune buat meminimalisasi efek torsi pada setir, sekaligus memaksimalkan pengendalian yg sporty. Depan pakai MacPherson strut, belakang independent multi-link system.

carscoops Nuansa interior tampak aura gahar.

Secara visual, model baru menerima berbagai body kit yg meningkatakn aerodinamika. Tidak terlalu ekstrem, tetapi tetap lebih sporty seandainya dibandingkan dengan model standar. Air scoop terpasang pada kap mesin, sedangkan bemper belakang dibuat lebih lebar lengkap dengan sayap serta tiga pipa knalpot.

Bagian terbaiknya, Honda Civic Type R mulai menjadi produk global, yg berarti seandainya PT Honda Prospect Motor (HPM) mau, mampu saja model ini dibawa dan dijual ke Indonesia.

Produksi mulai dimulai musim panas tahun ini di pabrik Honda, Swindon, Inggris. Fasilitas ini sekaligus dijadikan basis produksi buat memenuhi kebutuhan pasar di Eropa, Amerika Serikat, juga Jepang.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *