Mana Kamar Paling Aman Di Hotel? Simak Tips Ini

By | March 20, 2017

JAKARTA, KOMPAS.com – Faktor keamanan jelas menjadi salah sesuatu pertimbangan ketika memilih akomodasi. Begitu pun ketika memesan kamar hotel.

“Kami menganjurkan kepada pelancong buat memesan kamar yg agak jauh dengan lobi, yg yaitu pintu masuk dari penyerang,” kata Rob Walker selaku Kepala Bidang Informasi dan Analisis Travel di SOS International, sebuah perusahaan travel yg berbasis di London.

Tak cuma lobi, Rob juga menganjurkan wisatawan bagi memilih kamar yg jauh dari fasilitas publik seperti restoran. Hal utama lainnya adalah memilih kamar yg jauh dari jalanan umum. Semakin dengan dengan pintu atau tangga darurat, maka mulai semakin baik.

BACA: Ini Cara Dapatkan Harga Kamar Hotel Paling Murah

Ketika menginap di wilayah Amerika Serikat misalnya, Rob menyarankan para pelancong buat menempati kamar di atas lantai sesuatu dan dua, namun di bawah lantai enam dan tujuh. Sebab kamar lantai tiga, empat, dan lima disebutkan Rob paling minim resiko dirampok, juga lebih gampang buat diselamatkan petugas pemadam kebakaran seandainya terjadi bencana.

Berikut dua saran dari Rob bagi memilih kamar teraman, seperti dirangkum dari Travel and Leisure, Senin (20/3/2017):

1. Hindari kamar dengan pintu ganda, alias pintu interlock yg tembus ke kamar lain
2. Pilih hotel yg tidak berada di lingkungan kriminal
3. Pastikan kamar memiliki geredel pintu, lubang mata bagi mengintip tamu, dan prosedur evakuasi
4. Kunci ganda pintu
5. Ketika masuk kamar, pintu jangan segera ditutup. Ganjal dengan koper, kemudian periksa kamar dengan cepat apakah ada orang asing yg masuk.
6. Bawa tas kecil yg berisi barang utama seperti paspor dan charger handphone
7. Ketika meninggalkan kamar, tempatkan tanda ‘Jangan Ganggu’ dan nyalakan lampu kamar, dengan meminta kartu hotel tambahan
8. Ekstra hati-hati ketika di lobi, tetap periksa keberadaan koper
9. Pastikan nomor kamar hotel tidak ditunjukan di area umum
10. Pastikan pintu kamar dan jendela terkunci
11. Jika berada di negara dengan ancaman teroris, pilihlah makan di kamar ketimbang makan di restoran atau bar yg berada di lantai dasar.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *