Jangan Dibodohi Aksesori Nyaman Yang Mematikan

By | March 9, 2017

Jakarta, KompasOtomotif – Upaya gampang bagi merubah tampilan sepeda motor tentu dengan menyematkan aksesori. Namun ketika mulai menggunakan, baiknya tetap harus mengandalkan logika, terutama terkait faktor keselamatan.

Maraknya aksesori otomotif menuntut pengendara harus bijak ketika mulai membeli dan menggunakannya. Seperti diketahui, ketika ini banyak varisi yg sifatnya cuma menawarkan keunikan tanpa peduli keselamatan.

Seperti yg ketika ini sedang jadi viral, yakni dudukan buat payung di motor. Meski kelihatan nyaman karena badan terlindungi dari panas atau air hujan, tetapi bukan berarti aman bagi digunakan.

bukalapak.com Sarung tangan model tempel yg banyak digunakan wanita

“Jujur sebenarnya ini agak membingungkan, kok dapat barang seperti ini dipasarkan. Jangan terbuai dengan kenyamanan, ini sama saja pembodohan. Letak safety-nya di mana, safety buat siapa, penggunanya atau orang lain,” ujar Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) ketika dihubungi KompasOtomotif, Rabu (8/3/2017).

Jusri menerangkan bahwa sebenarnya telah banyak aksesori atau perangkat kenyamanan tambahan yg sifatnya berbahaya bagi digunakan. Hal ini seperti tak ada yg mengontrol, padahal Indonesia memiliki badan pengawasan.

“Bukan cuma persoalan payung dan aksesori di motor saja, contoh bagi di mobil juga banyak. Mirisnya lagi ini dijual dan digunakan, entah apa karena produsennya yg tak tahu bahayanya atau memang masyarakat yg tak mengerti,” papar Jusri.

Contohnya, lanjut Jusri, seperti tempelan bantal di headrest jok mobil. Dengan iming-iming nyaman dan tak bikin leher cepat pegal banyak orang yg menggunakannya, padahal itu berbahaya karena fungsi headrest buat melindungi leher ketika terjadi benturan tak mulai maksimal.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *