Bagaimana Cara Garuda Indonesia Mengatur Seragam Pramugari?

By | March 13, 2017

JAKARTA, KOMPAS.com – Garuda Indonesia milik empat seragam bagi pramugari saat bertugas. Keempat warna tersebut adalah hijau toska, biru, ungu, dan jingga. Setiap warna memiliki arti dan fungsi tersendiri buat pramugari.

Warna jingga dan hijau toska digunakan oleh pramugari senior dan junior. Sementara itu, warna ungu dikenakan oleh oleh Maitre D’Cabin (MDC) dan warna biru buat Flight Service Manager (FSM).

Pramugari memakai keempat warna itu buat penerbangan dalam dan luar negeri. Lalu, bagaimana pengaturan warna seragam pramugari ketika di dalam kabin?

BACA: Apa Makna Empat Warna Seragam Pramugari Garuda Indonesia?

Salah sesuatu Flight Service Manager Garuda Indonesia, Hastari Agustien menyampaikan bahwa di dalam penerbangan Garuda Indonesia mulai terus diisi oleh pramugari senior dan junior. Sementara warna ungu tidak harus ada.

“Kalau buat pesawat Boeing 737 itu ada lima orang pramugari. Warna ungu belum tentu ada. Warna jingga dan hijau toska itu pasti ada. Biru pasti ada kalau FSM-nya wanita,” jelas Hastari ketika berbincang dengan KompasTravel di sela-sela acara Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 di Jakarta dua hari lalu.

WAWAN H PRABOWO Garuda Indonesia Raih World Best Cabin Staff – Para pramugari Garuda Indonesia melakukan performer usai menerima penghargaan Worldâ??s Best Cabin Staff dari Skytrax yg berbarengan dengan ajang pameran kedirgantaraan Farnborough Air Show 2016 di Farnborough, Inggris, Selasa (12/7). Penghargaan ini yaitu yg ketiga kalinya buat Garuda Indonesia.
Kompas/Wawan H Prabowo

Menurut Hastari, pramugari senior dan junior terus membawa beberapa warna seragam. Pasalnya, mereka memiliki warna seragam yg sama meski berbeda jenjang.

“Kalau yg dipakai hijau toska, brarti yg di kopernya jingga. Kalau yg dipake jingga, itu yg dikopernya hijau toska. Memang itu ketentuan saat terbang harus bawa cadangan. Jadi koper pramugari itu mau di terbang pulang pergi sama terbang tiga hari itu isinya sama,” jelasnya.

BACA: Cerita di Balik Tata Rambut Pramugari Garuda Indonesia

Flight Service Manager Garuda Indonesia lainnya, Ellys menyampaikan pramugari tidak dapat menentukan warna seragam ketika terbang dari bandara yang berasal keberangkatan. Mereka cuma dapat memakai seragam berdasarkan konsep dan fungsi warna seragam.

“Disesuaikan saja dengan kelas-kelasnya (kabin). Jadi apa adanya. Namun saat awak kabin itu menginap di suatu kota, sebelum berangkat tentunya mereka datang di hotel tersebut, itu ada briefing atau janjian,” ujar Ellys dalam kesempatan yg sama.

Proses itu mampu dikerjakan antara pramugari senior dan junior. Mereka dapat menentukan warna seragam sebelum terbang kembali menuju destinasi tujuan.

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *